BAND HISTORY

CRYSTAL adalah salah satu band yang beraliran pop, tanggal 09 september tahun 2006 silam adalah momen paling bersejarah bagi Crystal, sebab itu adalah hari dimana dicetuskannya Crystal sebagai band indie. Crystal hanya terdiri dari 6 personil yaitu 5 player dan 1 vokal.Awal berdirinya Crystal yaitu mengkemas masing-masing personil yang sudah berpengalaman dalam bermusik, koloborasi dari pop,rock,metal dan underground ( black & Ghotic metal ) menghasilkan variasi dari musik tersebut sehingga dapat menjadikan Cristal cukup unik dan berkarakter.

Latar belakang terbentuknya Crystal sendiri berawal dari ide Sang vocalis, Krisna yang biasa menciptakan lagu-lagu indie tidak pernah putus asa untuk mengkomersialkan lagunya lewat vokal dan guitarnya saja, walau hanya dikalangan lokal, lagu mentah pun masih sering terdengar dinyanyikan oleh kalangan pemuda Sumenep, bahkan sering dibawakan oleh anak-anak pelajar dalam acara musik yang pernah diadakan dikotanya.

Krisna memang suka musik yang beraroma Ghotic,group band lawasnya Kerangkeng Mayat santer terdengar sebagai musik Undergrond yang beraliran Black Metal. Namun siapa sangka dibalik kesangarannya itu ada kelembutan yang tersembunyi,buktinya meski dulu pernah menggeluti aliran musik keras namun sebenarnya telah lama Krisna memiliki bakat untuk menciptakan lagu beraliran pop.
Setelah Krisna hengkang dari dunia musik Under Ground, ia kembali lagi mengkonsep lagu-lagu pop ciptaannya sendiri, tujuannya adalah agar lagu-lagunya bisa lebih di terima banyak kalangan, sebab dimasa kini aliran pop lebih mudah dicerna dibandingkan dengan aliran musik yang sifatnya hanya komunitas saja.

Setelah melewati beberapa proses dalam kurun waktu yang lumayan lama, berkali-kali bandpun terbentuk. Akhirnya anak-anak Crystal berpatri di aliran musik pop,dari sejak tahun 2003 dengan nama band perdana mereka yaitu GLORY MUSICAL, di band ini ada 5 personil, di antaranya adalah Krisna pada vocal, Mingga pada lead guitar, Reno pada rythem, Dodik pada bass, dan Rian Bronies pada drum, namun band ini tidak bertahan lama, sebab banyaknya perbedaan pendapat antar personil akhirnya band ini bubar.

Memasuki tahun 2004 Krisna kembali mencoba mendirikan band baru dengan nama DIMENSI, di band ini juga beranggotakan 5 personil yaitu Krisna di vocal,Arya di lead guitar & keyboard, Arif di rythem, Ilong di bass dan Ryan di drum, setengah perjalanan di tahun yang sama akhirnya Ilong dan Arif hengkang dari band tersebut sebab mereka berdua melanjutkan sekolah di luar kota.

Akhirnya hanya tersisa 3 personil tetap,ketiganya tetap optimis dan bersemangat untuk membentuk band yang lebih solid, mereka sepakat untuk mengganti nama band menjadi BINTANG dengan hanya 3 prsonil tetap, itupun berjalan hingga di tahun 2005.

Dengan bergabungnya Setom pada lead guitar,Anton pada bass dan Kenken pada drum, Ryan pun beralih dari drum ke rythem, seiring waktu nama band BINTANG terdengar santer mengisi belantika musik pop tanah air, namun BINTANG yang dimaksud bukanlah nama band mereka tapi band lain, mereka sempat kecewa karena ada dua band dengan nama yang sama, lagi-lagi dengan sangat terpaksa band ini kembali mengganti nama menjadi SURGA, bersamaan dengan itu Kenken sang Drummer juga hengkang dari band ini lagi-lagi dengan alasan yang sama, yaitu kuliah di luar kota.

Dengan merubah sedikit formasi personil,maka bergabunglah Yoyon sebagai pengganti posisi Kenken pada drum, 2 kali terjadi hal yang sama begitu juga dengan nama SURGA sudah ada yang memiliki.Dan di tahun 2006, tepatnya pada tanggal 09 September lahirlah CRYSTAL,yang masih bertahan hingga saat ini dengan 6 personil tetap, Crystal sengaja mencetuskan tanggal 9 dan bulan 9( September ) sebagai hari atau momen dimana Crystal dilahirkan, sebab bagi Crystal angka 9( Sembilan ) adalah angka keberuntungan. Crystal juga berfilosofi dan di ilhami dari gabungan nama-nama personil band itu sendiri,yaitu :

C. ( KRISNA )

R. ( RYAN )
Y. ( YOYON )
S. ( SETOM )
T. ( ANTON )
A. ( ARYA ),dan
L. yang berarti ( LOYAL )

Pergantian nama band ini dibarengi dengan keseriusan band Crystal dalam mengarungi dunia musik indie, dengan mulai membuat demo dan mengisi setiap acara musik hingga memperkenalkan lagu mereka lewat radio-radio lokal. Kerja sama yang baik Crystal,yang beranggotakan 5 personil instrumen yaitu Setom pada lead guitar, Ryan pada rythem, Anton pada bass, Arya pada keyboard , Yoyon pada drum, dan 1 vocal yaitu Krisna berharap Crystal dapat bersaing untuk menjadi band papan atas di belantika musik Indonesia.

Terbentuknya Band Crystal ini melewati beberapa proses, itupun dapat dilihat dari latar belakang masing-masing personil band ini sendiri, Sebelumnya Krisna sang vokalis dan Yoyon sang drumer mereka berdua pernah menjadi rekan dalam satu band yang juga mengikuti arus perkembangan dalam dunia musik. Bahkan ada beberapa aliran musik yang pernah mereka geluti, dari aliran melow sampai aliran keras atau dari aliran Pop, Rock, hingga aliran musik -under ground yaitu Ghotic Metal, Black Metal, Thras Metal, bahkan Punk pernah menjadi bagian di kehidupan musik mereka sehari-hari, berbagai event parade maupun festival musik Krisna dan Yoyon sering ikuti dan berkali-kali meraih prestasi dalam event tersebut.
Setom sang gitaris, Anton sang bassis, Ryan sang rhythem juga demikian. Mereka bertiga pernah menjadi rekan dalam satu band sebelum ini, pengalaman mereka memainkan alat musik dari panggung ke panggung sudah tidak diragukan lagi, mereka bertiga berangkat dari aliran yang sama, berbagai jenis lagu atau musik progresive mereka tekuni, berbagai event parade maupun festival musik mereka juga ikuti,bahkan tak jarang mereka menjadi jawara.

Sedang Arya sang keyboardis sebelumnya juga sudah terbiasa mengisi berbagai acara musik, Arya sangat berpotensi besar untuk mengaransemen berbagai jenis lagu.Bahkan ada pengalaman yang sangat berarti baginya yaitu pernah menjadi band pembuka konser Dewa 2005 silam di kota Sumenep. Arya seringkali menerima tawaran untuk mengisi acara-acara hiburan dengan musik elektonenya, sebelumnya Arya juga sering menjadi home band untuk acara event parade maupun festival di kotanya.

Comments :

0 komentar to “BAND HISTORY”

Posting Komentar

 

Silahkan gunakan Facebook mini di atas untuk update status Facbookmu.

CRYSTAL BAND's Fan Box